Rabu, 13 Juli 2011

Teropong Cinta



                            Oleh : Honing. A. Bana
                            
                

         Jangan pernah mengira kalau kau dapat menentukan arah jalanya cinta, karena cinta, pabila kau telah di pilihnya, akan menentukan perjalanan hidupMu.....





   Salah satu aspek manusia pada dasarnya adalah makluk sosial. Manusia secara alamiah selalu membutuhkan orang lain. Oleh karena secara alamiah manusia mempunyai dorongan untuk berhubungan dengan orang lain, maka dorongan inilah yang akan memunculkan apa yang kita sebut dengan cinta.
   Seperti kata Kahlil Gibran bahwa jangan mengira kalau kau dapat menentukan arah jalannya cinta, karena cinta, pabila kau telah dipilihnya, akan menentukan perjalanan hidupmu. meskipun cinta itu tak kasat mata,tidak bisa dilihat dan di ukur tapi cinta itu begitu kuat untuk mengubah seorang manusia dalam sesaat. memang secara tak sadar kita di bentuk dan diperintah oleh apa yang kita cintai.
  Walaupun setiap orang di bentuk dan di perintah oleh cinta, namun banyak orang yang tak mampu menjelaskan tentang Apa itu cinta? seperti apa cinta itu? dan seperti apa cinta yang sesungguhnya?
defini tentang apa itu cinta memang selalu berbeda antar individu satu dengan individu yang laian, definisi tersebut tergantung pada pengalaman yang di alami oleh masing-masing orang. Ada yang mendefinikan cinta bahwa cinta itu adalah suatu daya tarik yang lebih kuat dari apapun, ada yang mengatakan bahwa cinta adalah suatu perasaan yang sama antara dua orang dan ada pula yang mengatakan bahwa cinta cinta adalah racun yang selalu meracuni setiap manusia. Dalam kamus besar bahasa indonesia, cinta merupakan wakil dari perasaan kasih, sayang, atau rindu yang sangat dalam.oleh karena cinta merupakan perasaan, maka cinta timbul tidak atas dasar logis rasional, melainkan atas dasar perasaan atau emosi. Dalam cinta orang akan merasa tertarik untuk saling memiliki yang seakan-akan berlangsung dengan sendirinya. inilah yang terjadi sehingga seringkali ketika di tanyai apa itu cinta, sebagia orang tak mampu menjelaskannya.
   Kita tak akan bisa mencintai seseorang dengan sungguh-sungguh, jika orang tersebut tidak pernah tertawa atau menangis bersama kita.kenapa? karena cinta berkembang dalam hubungan indivudu satu dengan individu lain yang sebelumnya sudah saling kenal. ketika cinta itu sudah muncul maka secara otomatis status pun akan berubah dari hubungan sahabat menjadi pacar atau persahabatan menjadi pacaran dan pada masa inilah yang sering kita kenal dengan masa pacaran.
   Masa pacaran ini sering kali di takuti oleh beberapa orang, kenapa? karena pada masa ini sering terjadi percecokan karena salah satu pihak tidak mematuhi aturan-aturan dalam pacaran dan atau tidak ada saling pengetian di antar kedua belah pihak.
   Pacaran adalah suatu tahap awal dimana masing-masing individu saling mengenal atau memahami  lebih dekat. tahap awal atau tahap pacaran ini adalah tahap persiapan, jadi tak usah terlalu bersedih ketika hubungan yang bersifat sementara ini yang hanya bertujuan untuk saling mengenal ini harus berakhir. tahap persiapan untuk saling mengenal lebih dekat ini bukan tarikan napas terakhir atau halaman terkhir dalam hidup anda hanya karena hubungan itu harus berakhir. Jikalau dalam tahap persiapan ini anda tak sepaham dengan pacar atau kekasih anda, maka silahkan cari yang orang lain yang sepaham dengan anda. pada tahap ini anda punya hak penuh untuk memutuskan atau melanjutkan, jadi kalau tak cocok ya Monggo... Bukan hanya karena hubungan itu harus berhenti anda berpikir untuk melakukan hal bodoh seperti bunuh diri. 
   Memang jikalau anda sudah sangat mencintai pacar anda , maka sulit untuk melupakannya, tapi satu hal yang perlu di ketahui bahwa dengan berjalannya waktu maka anda akan tahu bahwa pacar anda akan lebih bahagia ketika dia tak bersama anda. apakah anda punya hak untuk merampas kebahagiaannya? tidak, anda tidak punya hak untuk merampas kebahagiaannya.begitupun sebaliknya, dengan berjalannya waktu, anda akan mengerti bahwa anda lebih bahagia jika tak bersama dengan dia. satu hal yang sangat penting bagi kaum adam dan hawa bahwa jika kamu sudah berada dalam kendaraan cinta, maka berhati-hatilah agar jangan sekali-kali terperangkap dengan pemerkosaan yang mengatas namakan cinta. kenapa? karena jika kamu melakukan atau terbuai di dalam pemerkosaan itu maka anda sudah di terperangkap dalam jeratan iblis.
  Inilah saatnya anda memakai teropong cinta untuk melihat lebih dalam akan makna cinta yang sesunggunya karena ini adalah cinta yang di inginkan oleh sang pencipta. cinta yang sesungguhnya adalah suatu perasaan memiliki yang terkadang membuat anda lupa akan diri anda sendiri, cinta yang sesungguh ini bersifat tulus dan iklas. jadi ketika anda menangis karena hubungan anda dengan pacar anda harus berakhir atau karena pacar anda meninggalkan anda  maka seperti itulah air mata cinta yang sesunggunya.Cinta yang sesungguhnya itu tak peduli dengan rasa sakit yang dia rasa, tapi dia tulus mencintai dengan tidak mengharapkan balasan atau tidak ada unsur pemaksaan dari orang lain untuk mencintai dirinya dan dia iklas melepaskan orang yang dia cintai ketika orang yang dia cintai itu sudah tak peduli dengan dirinya.
  Cinta yang sesungguhnya itu telah di contohkan oleh Jesus anak Alah dengan mencinta manusia, dimana dia tak peduli dengan rasa sakit yang di alami. mulai dari di tolak,di cambuk, di pukul, di ludahi sampai pada Dia harus tergantung di atas kayu salib. walaupun sangat sakit, tapi Jesus tak peduli dengan semua rasa sakit itu. kenapa? karena dia melakukan semua itu dengan tulus dan iklas demi keselamatan atau demi kebaikan dan kebahagian manusia. contoh yang lain seperti seorang ibu mencinta anak semata wayangnya.Ibu  memberi cinta tanpa mengharapkan balasan , ibu tak menghitung semua kerugian yang dia keluarkan mulai anda masih di dalam kandungan sampai anda dewasa, ibu tak peduli rasa sakit yang dia alami ketika anda masih dalam rahimnya, ibu tak cemburu saat anda mencintai orang lain dan cinta yang di berikan itu tak terhingga. semua karena cinta yang di berikan itu tulus dan iklas, bukan meminta balasan.
  Memang sangat sakit ketika anda gagal dalam berhubungan dengan orang yang anda cinta, tapi walaupun anda gagal, itu hanya kegagalan yang di lihat dari luarnya saja karena di dalamnya adalah sebuah kemenangan yang tak terhingga. kenapa? karena anda telah berhasil mencintai orang lain dengan tulus dan iklas sampai cinta yang anda berikan itu melebihi anda mencinta dirinya anda sendiri.

   Apa perbedaan antara Cinta tak selamanya memiliki dan Cinta tak selamanya bersama? kelihatannya sama, tapi jika kamu melihat memakai teropong cinta maka anda akan melihat ada kekeliruan pemaknaan dari pernyataan tersebut. Mari kita uji dengan membandingkan yaitu ( awalnya si rina dan si joko pacaran dan mereka saling mencintai. dengan berjalannya waktu, si joko bertemu dengan si sinta dan si joko pun jatuh cinta pada si sinta.dalam hubungan pacaran ini otomatis akan berubah menjadi si rina yang mencintai si joko, tapi si joko tak mencintai si rini lagi karena si joko lebih mencintai si sinta. walaupun si joko sudah tak mencintai si rini lagi tapi di sini si rini sudah mempunyai rasa memiliki si joko) maka cinta tak selamanya memiliki artinya "di antara mereka sudah tak ada rasa memiliki lagi" tapi pada kenyataannya masih ada salah satu pihak yang masih mempunyai rasa memiliki. jadi cinta tak selamanya memiliki itu sudah tak efektif lagi, kenapa? karena walaupun si joko tak mencintai si rini lagi tapi disini si rini sudah punya rasa memiliki si joko. maka bukan cinta tak selanya memiliki, tapi lebih baik di ubah dengan cinta tak selamanya bersama , dimana walupun masih ada salah satu pihak yang mempunyai rasa memiliki tapi mereka tak bisa bersama.
Cinta tak selamanya memiliki = walaupun mereka saling mencintai tapi mereka tak bisa bersama karena salah satu pihak tidak mempunyai rasa memiliki.
Cinta tak selamnya bersama = ada rasa memiliki di antara mereka  tapi mereka tak bisa bersama. karena kalau anda sudah punya rasa memiliki seseorang tapi kalian tak bisa bersama maka selamanya anda sudah merasa kecewa karena tak bisa mempacarinya brarti cinta itu sudah tak tulus lagi karena cinta yang anda punya itu bersifat pemaksaan.
kalau anda mencinta seseorang tapi dia tidak mencintai anda lagi, maka bukan hanya kesedihan yang anda rasakan tapi kebanggaan karena anda sudah punya rasa memiliki si dia, jadi angkatlah kepalamu lalu  tersenyumlah karena andalah yang sudah mengerti akan cinta yang sesunggunya.
 Cinta yang sesungguhnya sudah di tunjukan oleh Sang penebus kita yaitu Yesus Kristus, maka tak uasah kau mengemis cinta pada manusia yang hanya meminjam cinta itu tapi mintalah cinta pada Dia yang membuat cinta itu. Ketika pertama anda di bentuk oleh Dia, sampai pada dimana anda membaca tulisan ini, itu semua karena Cinta, Cinta yang di berikan oleh Dia yang membuat cinta itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar